FISIP Unla Laksanakan Monitoring Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa

FISIP Unla Laksanakan Monitoring Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa

Kab. Bandung (FISIP-UNLA) – Jajajaran Dekanat dan Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (FISIP-Unla), melaksanakan monitoring program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) yang saat ini sedang dijalankan di beberapa wilayah Kabupaten Bandung.

Dalam monitoring yang dilaksanakan secara online ini (Senin, 09/08/2023,) juga dihadiri oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari FISIP dan perwakilan mahasiswa dari masing-masing kelompok KKNM dari lima wilayah. Adapun wilayah KKNM di bawah bimbingan dari dosen-dosen FISIP kali ini adalah Desa/Kelurahan Panyirapan, Sukajadi, Jelekong, Katapang, dan Kiangroke.

Dalam kegiatan monitoring kali ini Dekan FISIP, Dr. Lisdawati Wahjudin, Dra., M.Si menyampaikan bahwa pada prinsipnya fakultas mengapresiasi program-program pengabdian pada masayarakat yang sedang dijalankan dan berharap program tersebut berdampak secara positif bagi kehidupan masyarakat sekitar. Termasuk dampak positif bagi pelaksanaan pembangunan yang tengah dilaksanakan oleh pemerintah setempat. Terutama yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Dekan FISIP mempersilahkan kepada jajaran DPL atau mahasiswa untuk berkomunikasi dengan fakultas untuk membicarakan berbagai hal. Baik yang berkaitan dengan koordinasi maupun konsultasi terhadap proses pelaksanaan KKNM yang sedang berjalan.

“Kami persilahkan DPL atau mahasiswa untuk berkomunikasi dengan kami, bukan dalam kegiatan monitoring ini saja. Tapi di kesempatan lain yang sekiranya membutuhkan masukan, saran, pendapat, dan hal-hal lainnya dari fakultas,” tutur Lisda.

Dalam kesempatan monitoring ini, masing-masing kelompok KKNM mempresentasikan berbagai program, baik yang dilaksanakan secara khusus oleh mahasiswa maupun program-program perbantuan mahasiswa terhadap berbagai aktivitas yang merupakan bagian dari program kerja pemerintah desa/kelurahan/masyarakat setempat.

Program yang dilaksanakan, diantaranya terkait dengan. masalah lingkungan hidup (pembuatan tempat sampah dan pembakaran sampah ramah lingkungan dan sanitasi). Program lainnya adalah pelatihan dan sosialisasi digital marketing, sosialisasi masalah anti-bullying, kesehatan mental, solusi masalah stunting, dll. (Red-DR)