Profil Ilmu Pemerintahan

Profil Ilmu Pemerintahan

Program Studi Ilmu Pemerintahan Memperoleh Status TERDAFTAR pada tahun 1985 berdasarkan SK. Mendikbud RI. Nomor: 0185/O/1985 tanggal 20 April 1985, Status DIAKUI pada tahun 1990 berdasarkan SK. Mendikbud RI. No. 470/O/1990 tanggal 3 Agustus 1990, Status DISAMAKAN pada tahun 1994 bedasarkan SK. Dirjen DIKTI Nomor : 245/DIKTI/ Kep./1994 tanggal 19 Agustus 1994, dan memperoleh statusTERAKREDITASI “A” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi No. 962/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015 tanggal 29 Agustus 2015 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi Pada Program Sarjana Progran studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana Bandung.

Peringkat Akreditasi: A

Program Studi Ilmu Pemerintahan  memiliki peringkat akreditasi “A” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor 962/ASK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015 tanggal 29 Agustus 2015, tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi.

Visi

Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan sumber daya manusia profesional di bidang Ilmu Pemerintahan di Jawa Barat pada tahun 2020.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan kompetensi manajemen pemerintahan dan kebijakan publik.
  • Melaksanakan pengembangan Ilmu melalui penelitian-penelitian inovatif yang menunjang pengembangan ilmu dan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) dalam dinamika penyelenggaraan pemerintahan.
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai aplikasi keilmuan.
  • Meningkatkan jaringan kelembagaan yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi (ICT).

Tujuan

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana menetapkan tujuan sebagai berikut:Meningkatkan kualitas proses pendidikan, untuk mempersiapkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di tingkat lokal, nasional maupun internasional.Meningkatkan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah dan egalitarian antar dosen dan mahasiswa baik dalam kegiatan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan aplikatif serta diseminasi bagi pengembangan sumber daya secara berkelanjutan.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran utama Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah:Lulusan mempunyai kualitas dan relevansi tinggi sesuai dengan kebutuhan dan perubahan di masyarakat, serta mempunyai profesionalisme yang diandalkan dalam perkembangan teori dan praktik pemerintahan, khususnya dalam bidang manajemen  pemerintahan dan kebijakan publik.Suasana akademik yang kondusif  sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan interaksi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan  berasaskan kemitraan.Sistem manajemen internal yang efisien, transparan, dan akuntabel sehingga dapat menjamin keberlangsungan program studi dalam menghadapi perubahan lingkungan dan tuntutan masyarakat yang terus meningkat.Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya baik sarana dan prasarana maupun sumberdaya akademik, dosen dan tenaga kependidikan dalam menghasilkan lulusan bermutu dan guna mempertahankan kelangsungan program studi.Komitmen kepemimpinan yang tinggi dalam mengambil kebijakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, pengguna, dan perubahan lingkungan.Terbangunnya budaya jaminan mutu  dalam pengelolaan program studi baik pada input, proses dan output sebagai pertanggungjawaban terhadap stakeholder dan pengguna lulusan.

Ketua Program Studi:

Ero Suhara, S.IP., M.Si

Sekretaris Program Studi:

Hj. Emi Rachmawati, Dra., M.Si

Brosur


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *