Profil Ilmu Pemerintahan

KETUA PROGRAM STUDI

Bambang Rudiansah, S.IP., M.I.Pol

SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Emi Rachmawati, Dra., M.Si

AKREDITASI

Program Studi Ilmu Pemerintahan  Terakreditasi  “A” (berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor 5057/SK/BAN-PT/AK-PPJ/S/IX/2020)

VISI

“Menjadi program studi unggulan, profesional, dan inovatif dalam bidang manajemen pemerintahan dan kebijakan publik di ASEAN pada tahun 2030”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan kompetensi manajemen pemerintahan dan kebijakan publik.
  2. Melaksanakan pengembangan Ilmu melalui penelitian-penelitian inovatif yang menunjang pengembangan ilmu dan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) dalam dinamika penyelenggaraan pemerintahan.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai aplikasi keilmuan.
  4. Meningkatkan jaringan kelembagaan yang berbasis teknologi komunikasi dan informasi (ICT).

TUJUAN

  1. Meningkatkan kualitas proses pendidikan, untuk mempersiapkan lulusan yang siap dan mampu berkompetisi di tingkat lokal, nasional maupun internasional
  2. Meningkatkan atmosfir akademik yang mendukung penguatan kultur akademik yang sehat atas dasar prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah dan egalitarian antar dosen dan mahasiswa baik dalam kegiatan pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan aplikatif serta diseminasi bagi pengembangan sumber daya secara berkelanjutan

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran utama Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah:Lulusan mempunyai kualitas dan relevansi tinggi sesuai dengan kebutuhan dan perubahan di masyarakat, serta mempunyai profesionalisme yang diandalkan dalam perkembangan teori dan praktik pemerintahan, khususnya dalam bidang manajemen  pemerintahan dan kebijakan publik.Suasana akademik yang kondusif  sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan interaksi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan  berasaskan kemitraan.Sistem manajemen internal yang efisien, transparan, dan akuntabel sehingga dapat menjamin keberlangsungan program studi dalam menghadapi perubahan lingkungan dan tuntutan masyarakat yang terus meningkat

.Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya baik sarana dan prasarana maupun sumberdaya akademik, dosen dan tenaga kependidikan dalam menghasilkan lulusan bermutu dan guna mempertahankan kelangsungan program studi.Komitmen kepemimpinan yang tinggi dalam mengambil kebijakan sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, pengguna, dan perubahan lingkungan.Terbangunnya budaya jaminan mutu  dalam pengelolaan program studi baik pada input, proses dan output sebagai pertanggungjawaban terhadap stakeholder dan pengguna lulusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *