Bertemakan Kebijakan Publik, Pelajar Bandung Jajal Kemampuan Akting di Gofest Buana Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan

Bertemakan Kebijakan Publik, Pelajar Bandung Jajal Kemampuan Akting di Gofest Buana Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan

Bandung (FISIP-UNLA) – Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (Hima IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (FISIP-Unla) sukses menggelar lomba kabaret tingkat pelajar dengan tema kebijakan publik nasional, politik dan pemerintahan. Dalam kegiatan bertajuk “Gofest Buana Hima IP” ini diikuti oleh 150 aktor yang berasal dari berbagai sekolah tingkat SMA dan SMP.

Dalam pementasan yang digelar di Wisma Buana Unla pada Minggu (20/08/2023) ini, para peserta menampilkan berbagai persoalan yang berkaitan dengan implementasi kebijakan politik dan pemerintahan. Diantaranya yang berkaitan dengan persoalan kepemimpinan nasional, pelayanan publik, dan pendidikan. Juara I untuk kategori tim diraih oleh Fourtastic SMA Sumatera 40 Bandung. Sementara juara II diraih oleh oleh Dajavoo Sentinel SMPN 11 Bandung, dan juara III diraih oleh Siluet SMAN 21 Bandung.

Wakil Dekan III FISIP, Dedy Rahmat, S.IP., M.Si dalam sambutan mewakili Dekan FISIP menyampaikan bahwa lomba kabaret kali ini dilaksanakan dalam momentum yang tepat. “Selain dilaksanakan dalam suasana merayakan kemerdekaaan RI yang ke-78 juga dilaksanakan dalam tahun politik, sesuai dengan tema Gofest Buana yang mengusung masalah kebijakan publik, politik dan pemerintahan, dimana saat ini bangsa Indonesia tengah menyongsong perhelatan akbar menuju pemilu legislatif dan pemilihan presiden yang akan dilaksanakan pada tahun 2024,” tuturnya.

Dedy berharap, kegiatan Gofest Buana bukan saja berbicara persoalan seni dan prestasi, tetapi juga bernilai edukatif. “Mudah-mudahan penampilan kabaret ini dapat ikut menyebarluaskan informasi-informasi positif dan kritik membangun yang juga bernilai ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat secara lebih luas,” cetusnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Bambang Rudiansyah, S.IP., M.I.Pol, jajaran Keluarga Mahasiswa (organisasi kemahasiswaan) tingkat universitas dan fakultas di lingkungan Unla. Sementara penonton yang hadir berasal dari berbagai kalangan, baik yang berasal dari sekolah peserta maupun para penikmat seni dari berbagai usia.

Selain lomba kabaret, kegiatan ini juga diisi pentas musik dan bazzar. Ratusan penonton tampak antusias mengikuti pertunjukan karya seni ini. Sejak awal lomba hingga pengumuman pemenang Wisma Buana tetap dipenuhi penonton dan pengunjung bazzar. Ketua Hima IP M Aksal Alifianto, kepada fisip.unla.ac.id menyampaikan, Gofest Buana adalah agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun akademik. (Red-DR)

Peserta Gofest Buana Hima IP FISIP Unla 2023:

Termika, SMK Medikacom Bandung

Fourtastic, SMAN Sumatera 40 Bandung

Siluet, SMAN 21 Bandung

Keep Ceria, SMPN 29 Bandung

Dejavoo Sentinel, SMPN 11 Bandung

Pemenang Lomba Kategori Tim:

Juara I: Fourtastic, SMA Sumatera 40 Bandung

Juara II: Dejavoo Sentinel, SMPN 11 Bandung

Juara III: Siluet, SMAN 21 Bandung

Pemenang Kategori Lainnya:

Best Poster: Keep Ceria, SMPN 29 Bandung

Best Actor: Sabar (Fourtastic, SMA Sumatera 40)

Best Actress: Ann Dewasa (Keep Ceria, SMPN 29 Bandung)

Best Supporting Actor: Nusa (Dejavoo Sentinel, SMPN 11 Bandung)

Best Customer and Make Up: Fourtastic, SMA Sumatera 40 Bandung

Best Choreography: Fourtastic, SMA Sumatera 40 Bandung

Best Setting Propery: Fourtastic, SMA Sumatera 40 Bandung