Dekanat dan Prodi D-III Kepolisian FISIP-Unla Laksanakan Monitoring Pembulatan Pendidikan di Polres Cimahi/Jajajaran

Dekanat dan Prodi D-III Kepolisian FISIP-Unla Laksanakan Monitoring Pembulatan Pendidikan di Polres Cimahi/Jajajaran

CImahi (FISIP UNLA) – Jajaran Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (FISIP-Unla) dan Program Studi (Prodi) D-III Kepolisian, pada Rabu (19/07/2023), melaksanakan monitoring praktek Pembulatan Pendidikan (Bulatdik) Samapta, Penyelidikan Intelijen, dan Penyidikan yang dilaksanakan di Polres Cimahi dan Jajaran.

Monitoring tersebut, adalah program rutin yang dilaksanakan dalam rangka memantau dan menerima laporan langsung dari lapangan terkait program praktek (dalam situasi yang sebenarnya) mengenai pelaksanaan fungsi kepolisian yang dilaksanakan di Sat Reserse Polres Cimahi, dan unit-unit sabhara di Polsek Cimahi, Polsek Padalarang, dan Polsek Cisarua.

Tim monitoring diantaranya Dekan FISIP Dr. Lisdawati Wahjudin, Dra., M.Si; Dedy Rahmat S.IP., M.Si (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan), Dr. Zairusi, Drs., M.Si (Kaprodi D-III Kepolisian/Kepala Latihan), dan; Fitriana Sidiqah, S.Sos., M.Si (Sekprodi D-III Kepolisian).

Dalam praktek samapta dititikberatkan dalam pelaksanaaan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) di tiap polsek (pelaksana: mahasiswa semester II). Untuk materi Penyelidikan Intelijen (mahasiswa semester IV), dilaksanakan di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Sedangkan untuk praktek Penyidikan (mahasiswa semester VI) dilaksanakan di Sat Serse Polres Cimahi (salah satu penempatanya di Unit PPA dan Reskrim). Dalam praktek kali ini, mahasiswa mendapat penugasan langsung dari para Koordinator Latihan (Koorlat) yang memimpin pratek lapangan bersama dengan Kasat Reskrim Polres, dan para Kepala unit (Sabhara, Intelkam, dan Reskrim), di polsek-polsek.

Koorlat Samapta dijabat oleh I Nengah Merta, Drs., SH., MH (AKPB Purn/dosen pengampu mata kuliah kesamaptaan. Koorlat Penyelidikan Intelijen dijabat oleh AKBP IGN Putra, S.IP., M.Si., MM (dosen pengampu mata kuliah intelijen). Sementara Koorlat dan Wakoorlat Penyidikan dijabat oleh Dr. Rusman, SH., MH (AKBP Purn) dan Baharudin KS, SH., MH (Kombes Pol Purn), keduanya adalah dosen pengampu mata kuliah penyidikan.

Kegiatan Bulatdik angkatan ke-14 ini telah dilaksanakan sejak tanggal 17 Juli kemarin dan akan ditutup pada tanggal 22, dan dilanjutkan khusus untuk praktek penyelidikan intelijen dilaksanakan pada tanggal 24-29 Juli 2023. Kegiatan upacara pembukaan telah dilaksanakan di di Polres Cimahi pada Senin (17/07/2023) dan yang bertindak sebagai Pemimpin Upacara adalah Wakapolres Cimahi Kombes Pol M. Bima Gunawan Jauharie S.I.K.

Dalam upacara pembukaan, Wakapolres Cimahi menyampaikan beberapa pesan. Diantaranya mengenai kesiapan segenap jajaran polres dalam memimpin dan mendukung program pembulatan pendidikan D-III Kepolisian Unla. Serta menyampaikan pesan kepada seluruh peserta bulatdik agar tetap mempertahankan semangat belajar dan serius dalam melakanakan praktek di lapangan.

Kegiatan akhir dari bulatdik saat ini, akan ditutup melalui analisa dan evaluasi di masing-masing wilayah latihan (Polres Cimahi dan masing-masing polsek). Khusus untuk penyelidikan intelijen di tempat yang berbeda. Dalam kegiatan analisa dan evaluasi kelompok-kelompok peserta bulatdik akan memaparkan hasil-hasil praktek sesuai penugasan masing-masing fungsi kepolisian, kepada jajaran polres/kasat, kapolsek, kepala unit, kepala lathan, dan para koooridinator latihan. (sumber: d3kepolisian-unla.ac.id)