BEM FISIP Unla Sukses Menggelar E-Sport, Atlet Kalangan Umum, Pelajar, dan Mahasiswa Bagi Rata Kategori Juara

BEM FISIP Unla Sukses Menggelar E-Sport, Atlet Kalangan Umum, Pelajar, dan Mahasiswa Bagi Rata Kategori Juara

Bandung (FISIP UNLA) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (BEM FISIP-Unla) sukses menggelar kompetisi olahraga digital bertajuk “FISIP Esport Day Universitas Langlangbuana”. Dalam kegiatan yang digelar di Wisma Buana pada Sabtu-Minggu (29-30/07/2023) ini, memperebutkan kategori FIFA 23 dan Mobil Legend.

Berdasarkan pantauan fisip.unla.ac.id, kompetisi yang diikuti oleh 75 peserta dari kalangan umum, pelajar, dan mahasiswa ini berlangsung sengit dan masing-masing peserta baik dalam lomba individual maupun tim mengerahkan variasi teknik dan strategi yang berbeda-beda. Bahkan di hari akhir kompetisi berlangsung hingga malam hari karena persaingan yang begitu ketat sejak babak 8 besar, semifinal, hingga final.

Ketua BEM FISIP Fajar Sulistianto, dalam sambutan pada acara pembukaan menjelaskan, bahwa kompetisi ini adalah agenda tahunan BEM FISIP dan digelar dengan berbagai tujuan. Diantaranya untuk ikut serta menyemarakan olahraga digital di masyarakat dan ikut serta mengarahkan game online bukan sekedar menjadi kegiatan hobi tapi menjadi ajang kompetisi yang sehat yang mendorong ke dalam peningkatan prestasi.

Di hari yang sama, Wakil Dekan III FISIP, Dedy Rahmat, S.IP., M.Si dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kompetisi menyatakan bahwa pengguna internet Indonesia saat ini sangat besar. Menurutnya, jumlah pengguna internet di Indonesia secara otomatis ikut mendorong olahraga online yang semakin berkembang pesat.

“Data dari Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), saat ini pengguna internet di Indonesia telah menembus angka 215 juta penduduk dari sekitar 275 juta penduduk. Artinya kita telah menembus angka 78 persen pengguna. Sementara Indonesia adalah menduduki peringkat ke-4 di Dunia pengguna internet, setelah China, India, dan Amerika,” cetus Dedy.

Dedy juga menjelaskan angka yang besar ini sekaligus menunjukkan potensi yang besar dari masyarakat Indonesia untuk bersaing dalam olahraga digital di tingkat dunia. “Esport Indonesia cukup hebat, tim Indonesia pernah meraih juara dunia esport pada tahun 2019, dan pada Sea Games Kamboja yang baru saja berlangsung beberapa waktu yang lalu kita berhasil meraih 2 emas dan 1 perak,” tambahnya.

Dedy berharap, kompetesi esport yang digelar BEM FISIP ini bukan sekedar sebuah ajang lomba semata. Tetapi lebih dari itu, bukan tidak mungkin kegiatan ini ikut menjadi pemicu semakin berkembangnya esport di Indonesia dan ikut serta mempersiapkan atlet-atlet profesional yang pada saatnya nanti dapat bersaing bukan saja di tingkat lokal dan nasional tetapi juga internasional. (red)

Pemenang E-sport Day BEM FISIP Unla

Juara Mobile Legends:

Juara 1, Tim Nemesis (Umum)

Juara 2, Tim Exposteight (SMAN 22 Bandung)

Juara 3, Tim BDT Manajemen (FEB Unla)

Juara Fifa 23:

Juara 1, Helmy (FISIP Unla)

Juara 2 : Damar (SMAN 22 Bandung)

Juara 3 : Farhan (FISIP Unla)