FISIP dan Lemlit Unla Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah

FISIP dan Lemlit Unla Gelar Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Bandung (FISIP-UNLA) – Dalam upaya mendukung akreditasi jurnal ilmiah pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Langlangbuana (Unla), FISIP Unla bekerjasama dengan Lembaga Penelitian (Lemlit) Unla mengadakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah pada Selasa (28/05/2024) di Ruang Seminar FISIP Unla, Jl. Karapitan No.116, Kota Bandung.

Pemateri pelatihan diisi oleh Estiyan Dwippriyoko, S.Kom., MT. Kegiatan pelatihan diantaranya membahas tentang pedoman akreditasi Sinta yang terbaru, juga ada sesi bedah jurnal dan tanya jawab di akhir acara.

Pelatihan yang berlangsung selama dua sesi ini, dipersiapkan bagi peserta yang bertugas sebagai manajer dan editor untuk memastikan bahwa jurnal yang dikelola berjalan dengan baik dan menghasilkan publikasi yang berkualitas tinggi. Selain itu, peran penting pengelola jurnal dalam mempertahankan standar kualitas dan integritas penelitian ilmiah, serta memastikan bahwa artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.

Menurut Estiyan, program pelatihan pengelolaan jurnal ilmiah ini mencakup berbagai pengetahuan, keterampilan, dan alur kerja yang dibutuhkan untuk mengelola jurnal ilmiah secara profesional. “Pelatihan ini bukan sekadar teori dan konsep, tapi melatih secara teknis, bagaimana mulai dari pembuatan template menggunakan platform Open Journal System (OJS), mekanisme penerimaan materi, pengelolaan, penyuntingan atau pengeditan, hingga artikel diterbitkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FISIP Unla, Dina Alamianti, S,Sos., M.I.Kom mengatakan, kegiatan pelatihan ini begitu penting untuk meningkatkan mutu pengelolaan jurnal-jurnal di lingkungan FISIP Unla, baik dari sisi manajemen maupun kualitas artikelnya. “Jurnal yang baik adalah jurnal yang betul-betul dikelola dengan serius dan pengelolanya memiliki komitmen membuat jurnal tersebut lebih bermutu,” kata Dina yang bertindak sebagai moderator dalam acara ini.

Kegiatan pelatihan dihadiri 10 peserta yang terdiri atas narasumber, editor in chief, dan para editor jurnal di lingkungan FISIP Unla. (Red-DR)