Ayo Saksikan Gerakan Cerdas Memilih RRI Bandung!

Ayo Saksikan Gerakan Cerdas Memilih RRI Bandung!

Bandung (FISIP-UNLA) – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) menilai Pemilu Serentak 2024 merupakan transformasi kedaulatan rakyat menjadi kedaulatan negara. Pemilu harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, dan bertanggung jawab.

Mewujudkan hal itu, RRI menggelar program Gerakan Cerdas Memilih (GCM) yang khusus ditujukan bagi generasi milenial dan Gen Z. Program ini dinilai strategis, karena mampu menyampaikan informasi objektif dan akurat kepada masyarakat.

“Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih diselenggarakan RRI di seluruh Tanah Air, ada 69 satuan kerja RRI di Indonesia. Ini sebagai wujud RRI memberikan pemahaman terkait pemilu kepada masyarakat (pemilih muda), agar menggunakan hak pilihnya dengan benar,” kata Direktur Utama LPP RI I Hendrasmo dalam keterangan resminya yang diterima RRI.co.id, belum lama berselang.

Hendrasmo berharapkan, program tersebut mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berintegritas untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Gerakan Cerdas Memilih mengangkat isu penting berkaitan dengan calon, hingga isu-isu pemilihan umum.

“Dengan demikian masyarakat, termasuk pemilih muda atau pemula bisa mendapat akses yang komprehensif terkait Pemilu 2024,” ucap Hendrasmo.

Berdasarkan data KPU RI 2023, jumlah pemilih muda Pemilu 2024 sekitar 107 juta orang atau 55 persen. Artinya, Pemilu 2024 didominasi pemilih muda berusia 17-40 tahun, yaitu Gen Z dan milenial.

“Pemilu 2024 penting, karena merupakan momen krusial bagi kalangan muda untuk menentukan arah masa depan Indonesia. Sebab, segala cetak biru dan keberlanjutan masa depan Indonesia sangat bergantung kepada pemilih muda,” ujar Hendrasmo.

Lebih lanjut, ia mengatakan, adanya GCM diyakini meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam proses demokrasi. Pemilih pemula lebih termotivasi datang ke tempat pemungutan suara dan menggunakan hak suaranya.

Kegiatan di Bandung

RRI Bandung menggandeng tokoh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan akademisi dalam program yang sama, yang akan digelar pada Minggu (03/09/2023), pukul 09.00-10.20 WIB bertempat di Pelataran RRI, Jl. Diponegoro No. 61 Bandung.

Narasumber yang akan mengisi acara tersebut adalah Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubaroq, anggota Bawaslu Jabar Nuryamah, SE.I.,MH, dan akademisi/pengamat politik asal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (FISIP-Unla) Rafih Sri Wulandari, S.IP., M.Si.

Talkshow GCM diakses melalu siaran radio Pro1 97FM ,6 an Pro 2 FM, 96,0 RRI Bandung. Bagi yang ingin mengakses secara online juga akan segera dumumkan link youtube streaming.

(Sumber: rri.co.idRed-DR)