D-III Kepolisian FISIP Unla Gelar Bulatdik Secara Daring

D-III Kepolisian FISIP Unla Gelar Bulatdik Secara Daring

BANDUNG (FISIP UNLA) – Program Studi D-III Kepolisian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Langlangbuana menggelar giat latihan dalam Pembulatan Pendidikan (Bulatdik) selama enam hari berturut-turut (20-25/7/2020). Bulatdik kali ini diikuti 70 mahasiswa yang terbagi ke dalam tiga pembulatan yaitu Samapta, Penyelidikan Intelijen, dan Penyidikan.

Kegiatan ini dilakukan secara serempak berdasarkan domisili mahasiswa D-III Kepolisian yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Tentu saja kegiatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana semua aktivitas harus dilakukan secara daring di tengah pandemi Covid 19.

“Kami mengapresiasi langkah Prodi D-III Kepolisian dan FISIP Unla dalam memadukan cara pembelajaran jarak jauh/online dengan praktik secara langsung. Saya berpesan agar mahasiswa tetap serius menjalankan program daring supaya tujuan latihan ini tercapai,” ungkap Rektor Universitas Langlangbuana Dr. H. R. AR. Harry Anwar, Drs., SH., MH. Brigjen Pol (Purn) dalam sambutannya secara online.

Sementara itu, Dekan FISIP Unla Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si, mengingatkan pentingnya bagi mahasiswa mematuhi perintah dari para instruktur latihan dari masing-masing dosen pengampu mata kuliah yang memiliki kompetensi di bidangnya.

“Meskipun kita melaksanakan dengan metode daring atau online, tak boleh menurunkan spirit berlatih bagi seluruh mahasiswa D-III Kepolisian,” ujar Dekan.

Adapun sejumlah instruktur latihan tersebut yaitu AKBP Dr. Rusman, SH., MH untuk Penyelidikan/Polda Jabar; Kompol IGN Putra, Drs., M.Si untuk Intelijen/Pusdik Intelkam Lemdi Polri; dan AKBP I Nengah Merta, Drs., SH., MH/Purn. Polda Jabar untuk Samapta).

Kaprodi D-III Kepolisian Dr. Lisdawati Wahjudin, Dra., M.Si, menjelaskan bahwa sistem pembelajaran yang diterapkan dalam Bulatdik tahun ini memadukan metode daring dan praktik langsung secara terbatas, dengan didukung aplikasi Jitsi Meet, Google Cassroom, Email, Whatsapp, dan Zoom. (SP)