Semakin Matang, Unla Siap Hadapi Revolusi 4.0

Semakin Matang, Unla Siap Hadapi Revolusi 4.0
JAVANEWS.TV | BANDUNG - Menginjak usianya yang ke-37 tahun, Universitas Langlangbuana (Unla) telah banyak berbenah. Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Jawa Barat, Unla semakin matang dalam menghadapi tantangan global atau revolusi industri 4.0. Inovasi, riset, dan teknologi menjadi fokus penting bagi kampus berakreditasi B ini guna menciptakan universitas yang unggul dan lulusan berdaya saing tinggi.         

“Bukan tugas yang ringan memang. Tetapi dilandasi niat yang tulus dan iklas serta selalu memohon pertolongan Allah SWT, kami berusaha bekerja semaksimal mungkin, dengan segala kekurangan yang ada pada diri kami,” ungkap Rektor Unla Dr. H. R. AR. Harry Anwar, S.H., M.H usai Sidang Terbuka Senat Universitas Langlangbuana dalam rangka Dies Natalis ke-37 Unla di Aula Unla, Kota Bandung, Kamis (4/4/2019).

Rektor Unla Dr. H. R. AR. Harry Anwar, S.H., M.H

Harry mendapat tugas mengelola Unla dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan visi yang akan dicapai di tahun 2030, yaitu menjadi universitas unggul yang menghasilkan lulusan profesional, inovatif, dan berkarakter menuju masyarakat sejahtera di Asean.

Menurut Harry, usaha pencapaian visi tidak dapat terlepas dari faktor eksternal dengan mengacu pada kebijakan pemerintah, khususnya kebijakan perguruan tinggi menjadi dasar arah pengembangan Unla,. “Dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, berdampak pada perubahan mendasar dalam segala aspek kehidupan, menjadi tantangan dan pertimbangan dalam menentukan strategi pengembangan Unla,” katanya.


Harry menyatakan, dalam masa kepemimpinannya ada beberapa sasaran akan dicapai hingga tahun 2020 mendatang untuk wujudkan kampus unggul. Ada lima aspek yang menjadi capaian di antaranya:
1.Peningkatan kapasitas organisasi, sinergi fungsional dan efektifitas dalam pengelolaan Unla untuk akselerasi kemajuan melalui penguatan landasan, infrastruktur serta sistem perencanaan dan pengembangan,
2. Peningkatan dan pengayaan budaya akademik dan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya sivitas akademika yang unggul dan berdaya saing,
3. Peningkatan kualitas dan kuantitas hasil dari sistem pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan negara,
4. Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil dari penelitian dan inovasi sesuai dengan roadmap penelitian yang merupakan riset unggulan Unla dan
5. Peningkatan kuantitas dan kualitas hasil dari kontribusi unla dalam memberikan solusi bagi berbagai permasalahan di masyarakat. (sp)

javanews.tv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *