Sat Brimob Polda Jabar Sukses Laksanakan Dikdaspol D-III Kepolisian

Sat Brimob Polda Jabar Sukses Laksanakan Dikdaspol D-III Kepolisian

SUMEDANG (FISIP UNLA) – Pendidikan Dasar Kepolisian (Dikdaspol) Mahasiswa Program Studi D-III Kepolisian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (FISIP-Unla) secara resmi ditutup oleh Dansat Brimob Polda Jabar, Kombes Pol Yuri Karsono, S.IK, pada Jumat (14/01). Dalam upacara penutupan yang digelar di Lapangan Apel Sat Brimob Polda Jabar ini, Dansat Brimob yang juga bertindak sebagai pemimpin upacara, menegaskan bahwa kegiatan Dikdaspol di Mako Brimob telah telah berjalan dengan baik dan lancar.

“Maka kepada para peserta didik hendaknya dapat memetik manfaat sebagaimana tujuan awal pendidikan dasar ini, untuk membentuk sikap, mental, fisik, dan kepribadian para Mahasiswa Prodi D-III Kepolisian sebagai calon pengemban fungsi kepolisian,” cetus Yuri.

Yuri juga menekankan harapanya, agar Mahasiswa D-III Kepolisian dapat menjadi pelopor dalam menyampaikan pesan-pesan hukum dan kepolisian dimulai dari lingkungan Universitas Langlangbuana hingga ke masyarakat secara luas. Sehingga, melalui peran ini Mahasiswa D-III Kepolisian, atau para lulusanya, diharapkan pula menjadi teladan dalam ikut serta menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang didukung dengan sikap mental dan pola pikir yang baik.

Kepada Rektor Unla, Yuri juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan yang diberikan kepada Sat Brimob Polda Jabar untuk turut serta membina para Mahasiswa D-III Kepolisian. “Semoga kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatan pada masa-masa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara Wakil Rektor II Unla Kombes Pol (Purn) Dr. Ruhanda, SE., M.Si dalam sambutan mewakili Rektor Unla menjelaskan bahwa Dikdaspol adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Program Studi D-III Kepolisian. Dimana, kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2009, kegiatan ini sebelumnya pernah dilaksanakan di Pusdik Intelkam Lemdik Polri, SPN Polda Jabar, dan sejak tahun 2018 kegiatan ini dilaksanakan di Sat Brimob Polda Jabar.

Ruhanda juga menjelaskan, bahwa kegiatan Dikdaspol sempat terhenti selama kurang lebih dua tahun, akibat Pandemi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan pada Januari 2022 kali ini adalah langkah awal kembali bagi Unla atau Prodi D-III Kepolisian pada khususnya, untuk mengembalikan Dikdaspol dalam sistem akademik, sebagai kegiatan wajib bagi mahasiswa yang juga merupakan persyaratan mutlak dalam melaksanakan tugas akhir dan memperoleh gelar Ahli Madya Diploma III Kepolisian (A.Md.Pol).

“Tujuan lain dari Dikdaspol adalah dalam rangka membentuk karakter dan disiplin dasar Mahasiswa D-III Kepolisian yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehdupan akademik sehari-hari dan dalam kehidupan sosial. Diharapkan pula Dikdaspol ini menjadi bekal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai calon-calon pengemban fungsi kepolisian, baik di lingkungan Polri, Pemerintah, maupun Swasta pada saatnya nanti,” tegas Ruhanda.

Atas nama Rektor Unla, Ruhanda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Sat Brimob yang selalu ikut serta dalam membina dan menyiapkan sumberdaya manusia calon-calon pengemban fungsi kepolisian. ” Kami bangga, Pak Dansat, berada di tengah-tengah jajaran Sat Brimob Polda Jabar yang telah membina dan mendidik mahasiswa kami,” tuturnya saat saat berada satu podium dengan Dansat Brimob.

Upacara penutupan Dikdaspol kali ini, dihadiri Wadansat, Danyon A Pelopor, Danden Gegana, Kasubbagdalops, Kasubagrenmin, para Kasi, para Perwira, Bintara, Tamtama, serta para instruktur latihan. Sementara dari Unla, hadir pula jajaran Dekanat FISIP, Kaprodi dan Sekrprodi D-III Kepolisian, perwakilan Dosen Tetap, dan perwakilan Batalyon Korps Himpunan Mahasiswa D-III Kepolisian.

(Red-d3kepolisian-unla.ac.id)