Ini Dia Mesin Pembangkit Listrik MP14 LANGLANGBUANA Terobosan KKNM UNLA 2019

Ini Dia Mesin Pembangkit Listrik MP14 LANGLANGBUANA Terobosan KKNM UNLA 2019

Terobosan dicetuskan oleh Kelompok 14 peserta Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) 2019 Universitas Langlangbuana (UNLA) Bandung. Kelompok yang ditugaskan di Kelurahan babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, itu mampu menciptakan mesin pembangkit listrik tenaga mikrohydro, yaitu sebuah alat yang menghasilkan listrik dengan menggunakan sumber daya air. Alat ini dinamai MP14 LANGLANGBUANA kepanjangan dari Mikrohydro Power Kelompok 14.

“Alat ini merupakan program unggulan kelompok kami. Kami membuat sebuah alat sebagai kelangsungan listrik yang terbarukan untuk warga,” ujar Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dina Alamianti, S.Sos., M.I.Kom., saat menerima kunjungan monitoring dari jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNLA.

Dina mengungkapkan, cara kerja alat ini menggunakan sistem crossflow, dimana air sungai mendorong kincir hingga berputar dan menggerakkan gear yang tersambung rantai pada as generator DC yang mengubah energi gerak/mekanis menjadi energi listrik, dan tersimpan pada accu serta tersambung langsung pada instalasi penerangan.

Dina menambahkan, Kelompok 14 berinisiasi membuat alat tersebut berawal melihat potensi wilayah yang teraliri sungai dan kondisi lingkungan yang kurangnya penerangan serta masih banyak fenomena warga yang membuang sampah ke sungai. Maka, MP14 LANGLANGBUANA hadir untuk menjawab sebuah solusi penanganan sampah dengan secara tidak langsung.

“Karena kalau warga masih membuang sampah ke sungai maka aliran air sungai menuju alat tersebut tersendat, dan penerangan umum di sekitar tidak teraliri listrik. Sehingga muncul slogan untuk alat ini dari kelompok 14 adalah MP14 LANGLANGBUANA Dilarang Bu SamSu alias Dilarang Buang Sampah ke Sungai,” tambah Dina.

Sementara itu, hadir dalam monitoring itu yakni Dekan FISP UNLA Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si., Wakil Dekan I Dr. Budi Kurniadi, Drs., M.Si., Wakil Dekan II Yusef Wandy, Drs., M.S.i., Wakil Dekan III Riefky Krisnayana, S.Sos., Msn., Kaprodi Ilmu Pemerintahan Ero Suhara, Drs., M.Si., Sekprodi Ilmu Pemerintahan Emi Rachmawati, Dra., M.Si., Sekprodi Ilmu Komunikasi Rannie Dyah Khatamsari R, S.Sos., MM., dan Sekprodi Kesejahteraan Sosial Henny Setiani, Dra., M.Si. (sp)