Tim PKM Unla Bangun Website dan Perkuat Fungsi Satgas Covid-19 di RW 09 Tamansari

Tim PKM Unla Bangun Website dan Perkuat Fungsi Satgas Covid-19 di RW 09 Tamansari

BANDUNG (FISIP UNLA) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana (PKM Unla) melaksanakan program “Penguatan Pos Penanggulangan Bencana Covid-19″ di RW 09 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Program pemberdayaan yang diketuai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unla Dr.Tati Sarihati, Dra., M.Si., tersebut dilakukan melalui pendampingan manajemen kesatgasan dan pembangunan website milik masyarakat.

“Alhamdulillah dengan program ini setidaknya kami bisa berkontribusi untuk sama-sama menghadapi wabah Covid-19 yang semakin hari semakin banyak korbannya,” ujar Tati. Sebagai ketua, Tati pun dibantu oleh anggota tim yakni Dr.Budi Kurniadi, Drs., M.Si; Ero Suhara, S.IP., M.Si, dan; Dedy Rahmat, S.IP., M.Si.

Menurut Tati, menghadapi situasi pandemi saat ini, tentu perlu peran aktif masyarakat, baik terkait pelaksanaan penerapan protokol kesehatan, maupun antisipasi dan solusi dalam menghadapi dampak susulan selain masalah kesehatan itu sendiri. Pemberdayaan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi situasi saat ini. Masyarakat tidak mungkin menunggu dan bergantung terhadap bantuan pemerintah semata. Pemerintah tentu memiliki keterbatasan untuk menjangkau seluruh kepentingan masyarakat.

“Oleh karena itu, membangun partisipasi masyarakat melalui konsep pemberdayaan adalah solusi yang paling utama agar kita dapat segera keluar dari permasalahan dan menemukan solusi bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, upaya-upaya yang telah dijalankan oleh Tim PKM Unla di wilayah RW 09 Tamansari, di antaranya adalah penguatan manajemen kesatgasan yang telah terbentuk sebelumnya, dimana Satgas Covid-19 RW 09 Tamansari memiliki fokus dalam pengelolaan bantuan (eksternal dan internal), penegakan protokol kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi warga. Program lainnya yang telah dijalankan adalah pembangunan dan pengelolaan website 09tamansari.or.id.

Website tersebut, adalah media yang dibangun oleh Tim PKM Unla, dimana dalam proses pengerjaanya bekerjasama dengan Satgas Covid-19 RW 09 Tamansari dalam menentukan konten yang disesuaikan dengan kebutuhaan warga setempat. Sementara dalam rangka keberlanjutan dari operasioanlisasi website tersebut, telah dilakasnakan program-progran pelatihan dalam peliputan, penulisan, dan manajemen pengelolaan website khusus bagi tim adminsitrator/operator website.

Dengan dibangunnya website milik masyarakat ini, diharapkan dapat menjadi media pendukung dalam penguatan dan penyebarluasan penegakan protokol kesehatan serta menjadi media yang turut memperkuat daya tawar ekonomi warga melalui produksi barang dan jasa yang saat ini tengah dikembangkan oleh masyarakat setempat. Diantaraya, terkait budidaya ikan lele dan tanaman produksi, serta pengelolaan layanan kuliner dalam kawasan yang dinamakan “Sensasi Jajajan Kolong Langit Tamansari” yang terletak di bawah jembatan fly over Pasupati. Pemberdayaan ekonomi, merupakan salah satu program yang diusung oleh Satgas Covid-19 RW 09 Tamansari.

Dalam melaksanakan program-program tersebut, Tim PkM Unla selain bekerjasama dengan Satgas Covid-19 RW 09 Tamansari, juga bekerjasama dengan Satgas Bantuan Relawan untuk Penanaganan Pandemi Covid-19 Forum Komunikasi Keluarga Besar Pecinta Alam Bandung Raya (FK-KBPA-BR) yang juga memiliki fokus operasi pada wilayah yang sama. (sp/jabarbicara.com)