Bersama Yayasan Bagea BEM FISIP Unla Laksanakan Program Mengajar Anak Jalanan

Bersama Yayasan Bagea BEM FISIP Unla Laksanakan Program Mengajar Anak Jalanan

BANDUNG (FISIP.UNLA.AC.ID) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Unla membentuk kelompok khusus “Pandikat” (Pasukan Peduli Masyarakat). Pandikat adalah kelompok mahasiswa yang memiliki konsentrasi untuk melaksanakan program-program pengabdian pada masyarakat sebagai implementasi dari salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dimana salah satu kegiatannya adalah program “Mahasiswa Mengajar Anak Jalanan”. Kegiatan ini dimulai pada Kamis (11/07/2024) dan direncanakan berakhir pada Desember 2024. Dalam program ini BEM FISIP bekerjasama dengan Yayasan Bagea yang memiliki berbagai program dalam pemberdayaan masyarakat, termasuk di dalamnya membantu kelompok marjinal yang juga berkaitan dengan urusan kesejahteraan dan perlindungan anak di Kota Bandung.

Ketua BEM FISIP, Agra Manda Vanesa, menjelaskan, fokus dan sasaran dari program kali ini adalah pencegahan dan penanganan masalah anak secara mandiri, khususnya bagi anak-anak terlantar dan anak jalanan di wilayah Gerbang Tol Pasirkoja. Kegiatan ini melibatkan Mahasiswa FISIP Unla yang tergabung dalam Pandikat.

“Mereka (Pandikat-Red) dengan sukarela meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan pendidikan dasar dan keterampilan hidup kepada anak-anak jalanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak jalanan yang seringkali tidak mendapatkan kesempatan belajar di sekolah formal. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan semangat belajar dan kepedulian sosial di kalangan mahasiswa FISIP Unla dan berdampak kepada masyarakat luas” tutur Agra.

Mengawali kegiatan, Yayasan Bagea dan Pandikat BEM FISIP  berhasil mengumpulkan anak-anak jalanan dan bersama-sama menonton tayangan film pendek yang berisi penanaman nilai-nilai kepribadian dalam kehidupan bermasyarakat, dan ilmu serta pengetahuan yang disesuaikan dengan usia sasaran program. Film pendek ini di-review bersama-sama untuk membahas pesan-pesan adukatif yang ada dalam tayangan tersebut

Sementara itu, Ketua Yayasan Bagea, Suminah, menyambut positif keterlibatan BEM FISIP Unla. Ia berharap kegiatan ini semakin mendekatkan mahasiswa dengan anak-anak jalanan yang menjadi sasaran program. Selain itu, ia berharap kegiatan seperti ini berjalan berkesinambungan agar program ini mencapai tujuannya kelak. (Sumber: BEM FISIP/Red-DR)