FISIP UNLA & APDESI Tanda Tangani MoU Tingkatkan Kualitas SDM Pemerintahan Desa

FISIP UNLA & APDESI Tanda Tangani MoU Tingkatkan Kualitas SDM Pemerintahan Desa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana (Unla) melakukan memorandum of understanding (MoU) kerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung pada Jumat, 4 Oktober 2019. MoU tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan desa di Kabupaten Bandung.

MoU ditandatangani oleh Dekan FISIP UNLA Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si., dan Ketua DPC APDESI Kabupaten Bandung Nanang Witarsa dan dihadiri unsur pimpinan fakultas serta Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unla Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si., ada dua poin utama yang disepakati dalam perjanjian tersebut. Pertama, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah desa di Kabupaten Bandung melalui pendidikan S1 nonreguler Ilmu Pemerintahan Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unla.

“Dan yang kedua, meningkatkan kapasitas dan kualitas pemerintah desa di Kabupaten Bandung melalui kegiatan pendampingan,seminar, workshop, lokakarya, pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penguatan kelembagaan desa,” ungkap Tati.

Sementara itu, menurut Wakil Dekan I Dr. Budi Kurniadi, Drs., M.Si., salah satu bentuk kerja sama peningkatan kualitas SDM pemerintahan desa pada MoU tersebut akan diawali dengan penyelenggaraan seminar tentang Tata Kelola Pemerintahan dikaitkan dengan akuntabilitas keuangan desa, pada bulan November yang akan datang dengan target  kurang lebih 500  peserta dari 270 Desa yang ada di Kabupaten Bandung. “Bentuk kegiatan kerjasama ini diharapkan terus berlangsung secara berkesinambungan, kegiatan inipun menjadi pembuka jalan bagi aparatur pemerintah desa dalam menempuh pendidikan tinggi pada program studi ilmu pemerintahan pada tahun akademik yang akan datang,” ujar Budi. (sp)